Close

Peduli Kebersihan Santri Bersih-Bersih Mushola Di Area Pesantren Al-Hilal Manisi

Peduli Kebersihan Santri Bersih-Bersih Mushola Di Area Pesantren Al-Hilal Manisi 1

Pesantren Al Hilal, Cibiru –  Para santri Al Hilal melakukan aksi bersih-bersih di kompleks Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya, Selasa (05/04) pagi.  Santri terdiri dari Ikhwan (Santri Laki-laki) dan Akhwat (Santri Perempuan) membentuk kelompok kecil.

Para santri menyebar ke beberapa tempat. Dinding dan lantai yang kotor, kran yang berkerak dan saluran pembuangan yang buntu dibersihkan semua. Beberapa kelompok ada yang menyapu dan mengepel lantai masjid, serta membersihkan lantai ibadah ini dari debu.

Peduli Kebersihan Santri Bersih-Bersih Mushola Di Area Pesantren Al-Hilal Manisi 2

Sahabat Al Hilal masjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan mesjid berukuran kecil juga disebut musholla, langgar atau surau.  Kegiatan – kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur’an sering dilaksanakan di Masjid.

Mengningat pentingnya fungsi musholla sebagai tempat ibadah. Maka  para santri berinisiatif melakukan kebersihan, ternyata rasa peduli santri terhadap kebersihan sudah ada sejak dini, luar biasa bukan?

Mengajarkan kebersihan pada santri sangat penting untuk dimulai sejak dini. Pasalnya, kebiasaan baik harus ditanamkan pada anak sejak ia berusia sangat muda. Dengan begitu, kebiasaan baik, dalam hal ini menjaga kebersihan, akan menjadi bagian dari kebiasaan anak ketika ia tumbuh dewasa.

Kebiasaan menjaga kebersihan pada santri juga akan memberi manfaat saat ia dewasa nanti. Kebiasaan baik tersebut akan menjaga santri menjaga kebersihan penampilannya ketika dewasa. Penampilan yang baik, akan membantu anak untuk membuat kesan pertama yang baik saat ia dewasa nanti.

Peduli Kebersihan Santri Bersih-Bersih Mushola Di Area Pesantren Al-Hilal Manisi 3

Kebiasaan hidup bersih juga akan membantu santri memeiliki pemikiran yang cemerlang. Pemikiran seperti ini akan mendorong anak untuk melakukan sesuatu dengan baik dan selalu aktif. Santri yang aktif dan dinamis akan membuat anak lebih mudah untuk belajar dan berprestasi di bidang akademik.

Para santri melakukan kerja bakti di sekitar lingkungan mushola. Kegiatan Bersih-bersih Mushola ini dilaksanakan pada hari ini (05/04) di Mushola area Pesantren Al-Hilal Manisi. Setelah kegiatan ini telah selesai di laksanakan akhirnya pengurus mushola menetapkan ada kegiatan “Santri Peduli Kebersihan” yang dilakukan secara rutin pada waktu tertentu. 

Penulis:

author

Finna Efrilla Suseno

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *