Close

Santri TPA Al Hilal 1 Cililin Belajar Menghafal Rukun Islam

PESANTREN AL HILAL – Alhamdulillah para santri TPA 1 Cililin kembali melaksanakan kegiatan rutinnya. Jumat (22/01/2021) para santri TPA Al Hilal 1 Cililin melaksanakan kegiatan yang cukup seru dengan para pengurus TPA disana. Hari ini, para santri belajar tentang Rukun Islam loh sahabat Al Hilal!

Para santri melaksanakan kegiatan ini yang tentunya dipandu oleh para pengurus di TPA Al Hilal 1 Cililin, bersama para pengurus dan santri lainnya, kegiatan ini tentunya dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Para santri serta pengurus diwajibkan untuk memakai masker serta mencuci tangan sebelum memasuki masjid dan melaksanakan kegiatannya.

Sahabat Al Hilal, tujuan dari mengajarkan serta menghafalkan rukun Islam sejak kecil kepada para santri salah satunya agar sejak dini para santri dapat mengetahui apa isi serta kandungan dari rukun Islam yang sesungguhnya. Seperti yang kita ketahui, rukun islam merupakan lima tindakan dasar dalam Islam, rukun islam dianggap sebagai pondasi yang wajib diketahui orang-orang beriman selain itu, rukun islam pun merupakan dasar dari kehidupan kita sebagai umat muslim.

Dari kegiatan menghafal rukun islam pun para santri memahami secara cepat, baik, dan gembira. Karena, para pengurus yang mengajarkan rukun Islam pun disini menggunakan metode yang membuat para santri mudah menghafalkan rukun islam, seperti bernyanyi sehingga membuat para santri TPA Al Hilal 1 pun dengan mudah menghafal dan memahami isi dari rukun islam tersebut tanpa mengurangi makna dari yang diajakan kepada para santri.

Terdapat hadist yang secara khusus menerangkan tentang 5 rukun Islam yaitu sabda Rasulullah Shallahu’alaihimwasallam.

 “Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, pergi haji, dan puasa di bulan Ramadhan”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *