Close

Pesantren Al Hilal, Sarikaso Menghidupkan Malam Nishfu Syaban

Pesantren Al Hilal, Sarikaso Menghidupkan Malam Nishfu Syaban 1

Pesantren Al Hilal, Sarikaso – Peringatan Nisfu Syaban menjadi salah satu momen yang begitu dinantikan oleh umat muslim. Nisfu Syaban adalah peringatan tanggal 15 bulan kedelapan dari kalender Islam dan di tahun ini peringatannya jatuh pada hari Minggu, 28 Maret 2021.

Sebelum mengetahui beberapa keutamaan malam nisfu syaban, perlu dipahami terlebih dahulu apa yang dimaksud malam nisfu syaban. Malam nisfu syaban merupakan malam ke lima belas atau pertengahan bulan syaban.

Malam nisfu syaban disebut sebagai puncak bulan syaban yang penuh dengan rahmat dan kebaikan dari Allah. Bukan hanya itu malam nisfu syaban merupakan malam istimewa pada bulan syaban yang bisa memberikan kesempatan bagi umat muslim untuk memohon ampunan dan mencari pahala sebanyak-banyaknya.

Pesantren Al Hilal, Sarikaso Menghidupkan Malam Nishfu Syaban 2

Hal tersebut juga dijelaskan dalam hadist shahih dari Mu‘az bin Jabal Radhiallahu ‘anhu yang mengatakan bahwa, “Allah mendatangi semua makhlukNya dan memberikan ampunan kepada mereka atas segala dosa kecuali orang yang menyekutukan Allah dan orang yang saling bermusuhan” (HR. Ibnu Majah, at-Thabrani dan Ibnu Hibban).

Dari hadist tersebut, dapat dipahami bahwa malam nisfu syaban merupakan malam istimewa yang bisa dimanfaatkan umat muslim untuk memperbanyak amalan baik dan memohon ampun kepada Allah. Bukan hanya itu, ini juga menjadi kesempatan umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan iman Islam yang lebih tinggi.

Pesantren Al Hilal, Sarikaso Menghidupkan Malam Nishfu Syaban 3

Malam Nisfu Syaban sangat istimewa, pasalnya malam Nisfu Syaban juga disebut sebagai malam pengampunan. Ya, pada malam-malam Nisfu Syaban, Allah SWT akan mengampuni dosa orang yang memohon ampunan, mengasihi mereka yang memohon kasih, menjawab setiap doa yang dipanjatkan, serta membebaskan orang dari siksa api neraka.

Banyak peristiwa besar terjadi pada bulan Syaban. Tak heran jika bulan Syaban menjadi salah satu bulan dalam kalender hijriah yang kerap dinantikan umat muslim di seluruh dunia. Bulan Syaban menjadi bulan mulia bagi mereka. Kesempatan bagi umat muslim untuk memohon ampunan sedalam-dalamnya dan terbukanya pintu rahmat dari Allah SWT.

Alhamdulillah pada hari kemarin (28/03/2021) santri dan pengurus Al Hilal menghidupkan Malam Nishfu Syaban dengan melakukan sholat magrib berjamaah lalu di lanjut dengan sholat tasbih berjamaah dan membanca surat yasin tiga kali terakhir di tutup dengan doa bersama.

Informasi & Call

🌐 Website: www.pesantrenalhilal.com

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

Penulis:

author

Finna Efrilla Suseno

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *