Close

Tetap Berbakti Kepada Orangtua Meskipun Telah Tiada

Tetap Berbakti Kepada Orangtua Meskipun Telah Tiada 1

PESANTREN AL HILAL – Sahabat Al Hilal, tentu salah satu kewajiban kita sebagai seorang anak terhadap orang tua yanitu mendoakan keduanya. Bahkan Rasulullah SAW pun berpesan kepada umat-Nya untuk selalu menghormati dan berbakti kepada orangtua. Diriwayatkan dalam HR. Abu Dawud, Rasulullah SAW bersabda

“Jika orangtua yang sudah meninggal masih ada cara berbakti yang harus dilakukan seorang anak yaitu mendoakan kedua orangtua atas keselamatan dan pengampunan, memenuhi janji, membayar hutang-hutang mereka dan menjalin silaturrahmi dengan kerabat dan sahabatnya.” (HR. Abu Dawud)

Lantas, ketika orangtua kita sudah meninggal apakah kewajiban untuk berbakti kepada orangtua masih ada ataukah telah terputus?

Sahabat Al Hilal, diriwayatkan dalam HR. Muslim Rasulullah SAW bersabda

“Jika seorang anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara yaitu shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh yang mendoakannya.” (HR. Muslim)

Jika kita melihat dari hadist diatas, bukankah kita dapat melihat bahwa ketika kia menjadi anak yang sholeh maka amalan pun mengalir kepada orangtua kita yang telah meninggal? Maka dari itu, meskipun kedua orangtua kita telah tiada tetapi sebagai seorang anak pun harus senantiasa mendoakan orangtua karena sunggu hal tersebut dapat menjadi bentuk bakti yang dapat dilaksanakan ketika orangtua telah tiada. Wallahu’alam bishawab

Mari doakan orangtua kita yang telah tiada, dan terus berbaktilah selagi mereka masih ada di sisi kita, bersama kita.

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

“Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.pesantrenalhilal.com

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at Pesantren al-Hilal

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *